Jumat, 30 November 2012

Peran Pemuda Dalam Pengembangan Pariwisata


Dalam pengembangan pariwisata pemuda harus terlibat dalam memajukan budayanya yang sungguh unik di mata dunia. Salah satu contoh, mereka setidaknya pandai menguasai bahasa asing. Bagaimana memberikan pelayanan dan informasi yang baik kepada para wisatawan jikalau warga terutama pemuda tidak fasih berbahasa Inggris atau berbahasa asing.

Selain bahasa, pemuda juga diharapkan mempunya wawasan yang luas tentang kepariwisataan itu sendiri dengan terampil dan mampu mengakses informasi dari berbagai media sosial maupun informasi langsung.

Peran Pemuda sangat penting untuk pembangunan termasuk pengembangan pariwisata.Sejarah bangsa telah membuktikan bahwa Pemuda sangat berperan dalam pembentukan Negara Kesatuan sejak awal. Olehnya itu, peran Pemuda harus terus diberdayakan untuk memajukan berbagai sendi perekonomian masyarakat.


Salah satu cara untuk meningkatkan pariwisata di daerah ialah meningkatkan sumber daya masyarakat disekitar objek wisata. Dalam hal ini khususnya generasi muda. Sebab, generasi muda merupakan regenerasi bagi budaya yang ada. Jika tidak memberikan pengetahuan dan pemahaman akan kebudayaan kepada generasi muda, maka lambat laun, tapi pasti kebudayaan tradisional akan punah dengan sendirinya. Tentu saja, hal tersebut sangat tidak diharapkan. Sebab kebudayaan merupakan warisan leluhur yang patut dilestarikan.

Dengan melibatkan generasi muda, sudah bisa dipastikan bahwa kebudayaan yang luar biasa, milik bangsa ini bisa lestari. Selain itu, generasi muda menjadi generasi yang mandiri, memiliki pemikiran yang positif, dan mencintai budayanya sendiri. Jadi, dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk menunjukan jati diri sebagai bagian dari bangsa ini, merupakan hal yang sudah sepatutnya dilakukan. Tentu saja hal tersebut harus dilakukan dengan sepenuhnya dan dirancang sedemikian rupa. Namun, semua itu dapat terwujud melalui peran konkrit dari pemerintah terkait. Sehingga, apa yang menjadi tujuan bangsa ini yaitu menyelamatkan kebudayaan lewat peran pemuda dapat terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar