Rabu, 13 April 2011

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari (40 km dari kota Yogyakarta). Pemandangan di pantai ini cukup indah sekali desir angin yang melambaikan ombak dengan hamparan pasir yang ada di pantai itu. Pantai Baron juga mempunyai hasil kekayaan seperti udang besar (lobster), ikan bawal dan ikan kakap yang bisa kita nikmati pada saat kita berkunjung ke sana. 




Di Pantai Baron juga mempunyai acara Upacara Sedekah Laut yang diselenggarakan oleh para nelayan setempat setiap bulan Suro dalam kalender Jawa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil laut yang telah diberikan.

Pemandangan jalanan menuju pantai Baron indah sekali. Banyak terdapat sawah-sawah, bukit-bukit dan penghijauan yang membuat mata kita menjadi segar. Bahkan jalan yang berkelok-kelok dan naik turun akan mengasyikkan kita dalam berkendara.

Keistimewaan Pantai Baron bukan hanya pemandangan yang indah tapi pantai itu juga mempunyai sungai bawah tanah. Pantai akan lebih indah pada saat menjelang sore, ketika langit menjadi merah dan matahari mulai turun perlahan sebelum akhirnya menghilang.

Kelemahan pantai ini terjadi karena pengunjung yang sangat banyak dan pedagang yg berjualan di sana, mereka tidak bisa merawat dan melindungi keindahannya. Contoh sampah yang berserakan di sekitar pantai akan membuat kekotoran pantai. Jadi, rawatlah tempat wisata ini dan buanglah sampah pada tempatnya agar tetap indah untuk dilihatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar